Jumat, 02 Juni 2017

Logika Game(Softskill)

pertama kita akan menentukan tema yang akan kita gunakan untuk game yang akan kita bahas, yaitu game suit dengan tema multiplayer, dimana game ini sangat simpel dan bermanfaat untuk menghilangkan jenuh. 

lalu untuk Rancangan game akan sebagai berikut :



kita akan menggunakan JComboBox untuk pemilihan jempol,telunjuk / kelingking. lalu, untuk label 1 dan 2 untuk menampilkan gambar yang kita pilih, label 1 untuk gambar yang user pilih, lalu untuk label 2 untuk computer pilih lalu pada button tersedia 2 satu untuk memulai permainan dan 1 lagi untuk mereset skor. dan JtextField 1 dan 2 untuk menampilkan jumlah skor yang kita / komputer dapat.


dan untuk logika gamenya :


hasil dari rancangan game suit tangan  seperti diatas, dimana desainnya seperti diatas. Selanjutnya kita akan membuat program untuk enemy yang akan diprogram menggunakan AI, pertama kita akan menginputkan beberapa bagian yang kita butuhkan seperti yang dijelaskan pada bagian rancangan seperti JComboBox,Jlabel, button, lalu Text field dan beberapa bagian yang lainnya seperti pada source code dibawah ini :


dan pada gambar juga terdapat code yang menentukan warna Frame dan Tulisan yang digunakan pada program ini. lalu dibawahnya ada beberapa class seperti class untuk menampilkan gambar, lalu class untuk game AI nya itu tersendiri dan class objek dan yang terakhir menentukan nilai bolean .


lalu selanjutnya adalah logika bila game dimulai atau program dibuka.maka, pertama jcombobox akan menampilkan pilihan , bilia kita buka akan menampilkan apa saja yang kita bisa pilih seperti ( jempol,telunjuk,kelingking) lalu bila kita sudah memilih makan nilai akan terpilih. lalu untuk JtextField akan menampilkan nilai 0 untuk nilai awal pada game sebelum permainan di mulai.lalu beberapa label akan di tampilkan, untuk label 1 dan 2 digunakan untuk nama . lalu 3 dan 4 untuk kalimat your score dan enemy score, dan 5-7 adalah label untuk tempat gambar yang akan ditampilkan dari data jcombobox yang kita pilih.dan ada 2 button untuk memulai permainan(start) dan mereset score(new game) .dan source code dibawah untuk mengambil gambar pada direktori/src/images.


lalu untuk list code dibawah ini tentang bagaimana bila button new game ditekan akan mengembalikan nilai menjadi nilai awal dan tampilan akan seperti program baru dibuka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar